PEMBUATAN SMART MAP 3D POTENSI BANJIR DAN GENANGAN DI KOTA CIMAHI

Diva Triyananda, Yackob Astor

Abstract


Selama hampir satu dekade, fenomena banjir dan genangan menjadi salah satu permasalahan utama yang sering melanda Kota Cimahi. Berbagai macam penanganan yang dilakukan oleh pemerintah setempat telah banyak dilakukan guna mengatasi permasalahan banjir tersebut, akan tetapi solusi yang dihasilkan dari penanganan tersebut masih berbentuk solusi yang bersifat sementara dan belum memiliki integrasi sistem. Potensi banjir dan genangan di Kota Cimahi relatif tinggi, mengingat kondisi relief permukaan di Kota Cimahi yang terdiri dari lembah cekungan. Salah satu penanganan banjir dan genangan yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Cimahi adalah dengan melakukan pemetaan banjir dan genangan. Kendala yang meliputi pemetaan banjir dan genangan di Kota Cimahi adalah hasil yang disajikan berupa Peta Zonasi Rawan Banjir dan Genangan yang disajikan dalam tampilan 2D yang dicetak kedalam ukuran dan skala tertentu. Kondisi ini seringkali menjadi kendala, mengingat fenomena banjir dan genangan memiliki sifat yang dinamis, sehingga peta dalam format konvensional yang sudah ada tersebut harus selalu dilakukan updating secepat mungkin. Oleh karena itu diperlukan pemetaan banjir dan genangan yang bersifat secara digital guna mengatasi pembaharuan peta yang cenderung lama. Penelitian ini membuat smart map secara 3D di Kota Cimahi yang memuat informasi mengenai potensi lokasi terjadinya bencana banjir dan genangan yang timbul, yang ditampilkan secara interaktif agar menghasilkan tampilan luapan banjir dan genangan yang lebih mudah dipahami oleh pemerintah maupun masyarakat. Visualisasi pembuatan smart map 3D Kota Cimahi dibuat dengan menggunakan bantuan software SIG sebagai perangkat lunak utama.

Keywords


Smart Map, 3 Dimensi, Banjir, Genangan

Full Text:

PDF

References


Aris Marfai, Muh, dkk. (2013). Pemodelan Spasial Bahaya Banjir Rob Berdasarkan Skenario Perubahan Iklim dan Dampaknya di Pesisir Pekalongan. Jurnal Bumi Lestari, Volume 13 No. 2, Agustus 2013, hlm. 244-256.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2017). Data Informasi Bencana Indonesia. Cited in http://bnpb.cloud/dibi/laporan2 [29 Maret 2018]

Badan Pusat Statistik Kota Cimahi. (2015). Batas Administrasi Kota Cimahi. Cited in https://cimahikota.bps.go.id [1 April 2018]

Esri. (2016). How to Smart Map. Cited in https://arcgis-content.maps.arcgis.com/apps/

Cascade/index.html?appid=e71df22089774da8afbe305ad7fd6111 [10 April 2018]

Farhangi, Hassan. (2014). A Road Map to Integration. 52-66 pp. Recent advances in IEEE Power and Energy Magazine.

Ferdiana, Ridi. (2008). Membangun Aplikasi SmartClient pada Platform Windows Mobile. Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jaya Oemar, Yonatan., & Samopa, Febriliyan. (2014). Pembangunan Peta Tiga Dimensi Kebun Karet Milik Unit Pelaksana Teknis Balai Benih dan Kebun Produksi dengan Menggunakan Unreal Engine. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 3, No. 1, (2014) ISSN: 2337-3539.

Karnisah, Iin, dan Astor, Yackob. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Menentukan Zonasi Daerah Rawan Banjir Dalam Upaya Mengatasi Permasalahan Banjir di Kota Cimahi. Laporan Teknis Kegiatan Penelitian. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Bandung.

Pradiptojati, Damar., Samopa, Febriliyan., Asrul Sani, Nisfu. (2014). Rancang Bangun Peta Virtual 3D Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan Unity3D Engine. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 3, No. 2, (2014) ISSN: 2337-3539.

Purwono, Nugroho. (2013). PEMODELAN SPASIAL UNTUK IDENTIFIKASI BANJIR GENANGAN DI WILAYAH KOTA SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN METODE RASIONAL (RATIONAL RUNOFF METHOD). Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2018.3-0.995

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Geomatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License