PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BANGUNAN BERBASIS WEB GIS Studi Kasus di Kota Bogor

Faras Nufalivata, Iksal Yanuarsyah, Nurul Kamilah

Abstract


Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) kementrian Dalam Negri pada tahun 2017 jumlah penduduk Kota Bogor mencapai 1.010.566 jiwa tersebar dienam kecamatan, dengan rincian terbagi dalam 306.266 kepala keluarga (KK), 796 RW dan 3.597 RT. Bertambahnya jumlah aset bangunan milik pemerintah Kota Bogor tidak diimbangi dengan manajemen aset yang baik oleh Pemerintah Kota Bogor. Hal ini menyebabkan beberapa kondisi aset bangunan milik Pemerintah Kota Bogor kurang mendapatkan perawatan dan membutuhkan renovasi. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu kegiatan untuk mengidentifikasi luasan tanah terhadap aset bangunan milik Pemerintah Kota Bogor dan mengkategorikan kerusakan terhadap kondisi aset bangunan milik Pemerintah Kota Bogor sehingga mempermudah Pemerintah Kota Bogor untuk mengetahui total dana rehabilitasi aset bangunan yang diperlukan. Penelitian ini bertepatan di Kota Bogor yang terdiri dari enam Kecamatan, yaitu Kecamatan Bogor Barat, Bogor Selatan, Bogor Tengah, Bogor Timur, Bogor Utara dan Tanah Sareal dan bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap aset bangunan milik Pemerintah Kota Bogor, membangun Sistem Informasi Geografis (SIG) dan mengevaluasi kondisi aset bangunan Pemerintah Kota Bogor. Kegiatan ini menggunakan data dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bogor dan hasil pengambilan data di lapangan. Dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG), evaluasi kerusakan aset bangunan ditemukan bahwa aset bangunan milik Pemerintah di Kota Bogor yang memiliki kondisi bangunan baik sebanyak 92,72 % , aset bangunan yang memiliki kerusakan ringan sebanyak 6,34 % dan hanya sekitar 0,94 % aset bangunan Pemerintah Kota Bogor yang memiliki kerusakan berat.

Keywords


Aset Bangunan; Manajemen Aset; Sistem Informasi Geografis

Full Text:

PDF

References


Fitra Sani. (2014). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset dan Inventaris SMKN 7 Padang. 111 hlm

Muhammad Taufik., & Adindha Surya Anugraha. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Goegrafis Untuk Inventarisasi Dan Evaluasi Aset Bangunan Milik Pemerintah Kota Surabaya (Studi Kasus: surabaya Pusat).

Jery Ariska., & M.Jazman. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Sekolah Menggunakan Teknik Labelling QR Code (studi kasus: MAN 2 Model Pekan Baru).

Patma Ratna Sari., & Joni Devitra. (2017). Analisis Dan Perrancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Pada Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi.

Irma Yunita., & Joni Devitra. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistemk Informasi Manajemen Aset Pada SMK Negeri 4 Kota Jambi.

Nurul Qalby. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web Pada Rumah Sakit Labuang Baji Makasar.

Data Aset Bangunan. (2018) Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Bangunan (BPKAD) Kota Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2018.3-0.985

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Geomatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License