SISTEM INFORMASI PEMASARAN RUMAH BERBASIS WEB GIS (Studi Kasus: Perumahan Bukit Sakinah)

Fadel M. Ramlan, Eko Hadi Purwanto, Puspa Eosina, Budi Susetyo

Abstract


Berdasarkan undang-undang nomor 1 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman, perumahan adalah kumpulan rumah sebagai bagian dari permukiman baik Kota maupun Kabupaten, yang dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum sebagai hasil upaya pemenuhan rumah yang layak huni. Dengan kata lain perumahan adalah kumpulan rumah layak huni yang dilengkapi dengan fasilitas yang baik. Perumahan di Kabupaten Bogor yang menawarkan berbagai macam fasilitas seperti lingkungan yang asri, fasilitas umum dll. Namun sedikit yang menyediakan fasilitas informasi berbasis Web GIS, fasilitas yang di dalamnya menampilkan berbagai informasi seperti status kepemilikan, pemilik rumah, blok, nomor, rt, latitude, longitude, type rumah dan bahan bangunan rumah. Perumahan bukit sakinah belum mempunyai sistem informasi yang akan memudahkan pembeli untuk mendapatkan informasi tersebut dengan menggunakan aplikasi Web GIS, aplikasi ini menggunakan MySQL, XAMPP dan phpMyAdmin. MySQL digunakan untuk merancang database system, XAMPP digunakan untuk web server dan phpMyAdmin digunakan untuk database server. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur seperti mengupdate data, mengedit data dan menghapus data warga perumahan bukit sakinah. Warga juga mendapatkan pembaharuan data selama tiga bulan sekali dan warga mendapatkan data yang akurat. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat dengan lebih mudah mencari informasi rumah di Perumahan bukit Sakinah melalui PC dan memudahkan pihak Kantor Pemasaran Permahan Bukit Sakinah dalam menyediakan informasi perumahan bukit sakinah.

Keywords


perumahan bukit sakinah; pembaharuan data; web GIS

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia, 2011. Undang-undang nomor 1 tahun 2011 tentang kawasan perumahan.

Masudara, J. J., Rindengan, Y. D., & Najoan, X. B. (2015). Sistem Informasi Geografis Perumahan Di Kota Manado Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, 6(1).

Apriyanti, R., & Firman, R. (2014). Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Penentuan Lokasi Perumahan di Kota Depok. Prosiding KOMMIT.

Aliyah, F. J. (2014). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Mengenai Penyebaran Fasilitas Pendidikan, Perumahan, Dan Rumah Sakit Di Kota Bekasi. Skripsi Program Studi Teknik Informatika.

Taufiq, E. S., Rianse, U., & Rembon, F. S. Analisis Pertumbuhan Perumahan di Kecamatan Puwatu Kota Kendari.

Alwi, 2015. Aplikasi geografis pemetaan tempat perumahan dikota pangkalpinang berbasis web. Skripsi Program Studi Teknik Informatika.

Hamidi, H. (2012). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Penyebaran Dana Bantuan Operasional Sekolah. Jurnal Masyarakat Informatika, 2(3), 1-14.

Fernando, E. (2012). Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Tempat Kesehatan Di Kota Jambi. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer Universitas Diponegoro (pp. 17-22).

Khoiruddin, A., Pargito, P., & Miswar, D. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Google Earth Dan Media Konvensional. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 4(1).

Prahasta. (2007). Web Geographic Information System Banda Aceh.

Binanto, I. (2014). Analisa Metode Classic Life Cycle (Waterfall) Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2018.3-0.983

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Geomatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License