MODEL PEMETAAN PARTISIPATIF TANAMAN KURMA DI KABUPATEN BOGOR BERBASIS WEBGIS

Bayu Wibiarto, Budi Susetyo, Iksal Yanuarsyah

Abstract


engembangan tanaman kurma tropis saat ini menjadi isu yang cukup fenomenal khususnya di Indonesia. Telah banyak masyarakat yang menanam kurma yang pada umumnya berasal dari biji dengan berbagai varietas dan variasi pertumbuhan, bahkan diantaranya ada yang sampai berbuah (usia tanaman diatas 5 tahun). Kondisi ini merupakan potensi lain di sektor tanaman hortikultura yang membutuhkan perhatian khusus, karena ternyata tanaman yang berbuah tadi tumbuh di wilayah yang iklimnya sesuai serta memperoleh perawatan yang baik dan perlakuan khusus seperti bantuan penyerbukan dan pemupukan yang berimbang. Namun disadari bahwa masyarakat baru menjadikan tanaman kurma sebatas tanaman hias baik di halaman rumah maupun di halaman masjid atau tanaman untuk berteduh di perumahan. Sejauh ini belum ada informasi spasial terkait dengan keberadaan tanaman kurma tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem berbasis pemetaan partisipatif yang menyediakan fasilitas input informasi dan geotaging tanaman kurma, sehingga ke depan dapat dipetakan keberadaan tanaman kurma tropis khususnya yang tumbuh di sekitar Kabupaten Bogor. Model pemetaan partisipatif ini memerlukan input foto tanaman kurma yang diambil menggunakan GPS kamera (geotagging) dan inputan data tabular terkait profil tanaman kurma yang dimaksud. Dengan demikian data tanaman kurma secara dinamis akan terus bertambah sesuai dari data yang telah di input kedalam aplikasi. Penelitian ini bertipe implementatif dengan perancangan yang telah dibuat menjadi sebuah model pemetaan yang dapat digunakan yang dibagi menjadi beberapa tahap Analisa kebutuhan, studi litelatur, perancangan sistem, implementasi sistem dan tahap pengujian. WebGIS ini dapat merekomendasikan wilayah mana saja yang potensial terdapat tanaman Kurma dengan pertumbuhan yang baik bahkan di antaranya ada yang berbuah di Kabupaten Bogor.

Keywords


Informasi; kurma; GPS kamera (geotagging); WebGIS

Full Text:

PDF

References


Abren Ginting, S. M. (2017). Peluang Budidaya Kurma Tropis.

Agus, S. D. (2016). Kurma Indonesia: Perintisa dan Explorasi Kurma untuk Kesehatan Pangan, Kesejahteraan dan Kesehatan Rakyat Indonesia.

Dahlan Abdullah, M. R. (2016). Aplikasi Database Masjid Berbasis Web Gis Menggunakan Algoritma Brute Force . Universitas Malikussaleh.

Donny Juliandri Prihadi, S. e. (2014). Pemetaan Partisipatif Habitat Bertelur Penyu Untuk Pengembangan Wisata Di Desa Cipatujah Dan Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.

Universitas Hang Tuah Surabaya.

Erna Kharistiani, E. A. (2013). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN POTENSI SMA/SMK BERBASIS WEB (Studi Kasus : Kabupaten Kebumen). Kebumen.

Fahmi Charish Mustofa, T. A. (2018). SISTEM INFORMASI PERTANAHAN PARTISIPATIF UNTUK PEMETAAN BIDANG TANAH.

Hendarsah, H. (2012). Participatory Mapping Of Threats, Caping Strategis And Preparedness In Disaster Risk Reduction By Community Based In Sub District Salam, Magelang. Jurnal Sosiokonsepsia, Vol. 17, No. 03.

Lutfi, Y. (2013). Tugas Akhir Sistem Informasi Geografis (SIG) Site plan Property Bebasis Website. Bandung.

MZ, M. H. (2017). Aplikasi Rekomendasi Spot Area Wisata Berbasis Android dengan Teknik Geotag.

Rini, D. D. ( 2015). Pemetaan Tata Batas Secara Partisipatif Setelah Pemekaran Dengan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kelurahan Bugis Kecamatan Samarinda Kota. jurnal AGRIFOR, Vol XIV Nomor 1.

Swatikayana, I. W. (2011). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Pariwisata Kabupatan Gianyar. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Utomo, S. S. (2013). Sistem Informasi Geografis Fasilitas Umum Berbasis Web (Study Kasus di Kota Yogyakarta). Yogyakarta: Institut sains dan teknologi AKPRIND.

Wisnu Wijaya, H. T. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Geotagging Social Report Bencana Banjir.




DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2018.3-0.970

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Geomatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License