PERANCANGAN APLIKASI PENGUMPULAN DATA KERUSAKAN JALAN DI KOTA BOGOR BERBASIS MOBILE GIS

Aulia Mutiara Kusuma

Abstract


Saat ini Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kota Bogor dalam melakukan pemantauan kerusakan jalan masih kurang efisien yaitu menggunakan dokumen kertas serta peta analog untuk menampilkan lokasi jalan yang telah di survei. Hal ini menimbulkan permasalahan ketika akan dilakukan pencarian dan pembaharuan data yang akan digunakan untuk perencanaan prioritas jalan untuk diperbaiki, perawatan maupun analisis pengembangan jalan baru. Mengingat banyaknya jalan yang perlu dianalisa, permasalahan tersebut akan menyebabkan lamanya proses perbaikan serta hasil yang kurang akurat. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media yang berfungsi untuk menyampaikan pengaduan jalan rusak yang kemudian akan menjadi sebuah informasi bagi pengguna jalan. Tujuan dari penelitian ini melakukan analisis tentang penerapan Sistem Informasi Geografis dalam pelaporan kerusakan jalan menggunakan perancangan aplikasi pengumpulan data kerusakan jalan di kota Bogor berbasis Mobile Gis agar lebih efektif dalam memberikan visualisasi data mengenai kerusakan ruas jalan. Jenis-jenis kerusakan perkerasan lentur, umumnya diklasifikasikan sebagai Deformasi, Retak, kerusakan tekstur permukaan, lubang, tambalan dan persilangan jalan rel, kerusakan di pinggir perkerasan. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain sistem, dan publikasi laporan. Data yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi geografis ini adalah data spasial (sebaran kerusakan jalan di Kota Bogor) dan data non spasial (Data kerusakan jalan di Kota Bogor). Penelitian ini berhasil menyajikan perancangan aplikasi berbasis Mobile GIS yang dapat digunakan oleh masyarakat khususnya pengguna jalan di kota Bogor dalam melaporkan kerusakan ruas jalan yang ada dikota Bogor dan mengetahui ruas jalan di kota Bogor yang telah diperbaiki dan belum diperbaiki.

Keywords


Jalan Kota Bogor; mobile GIS; spasial; Waterfall

Full Text:

PDF

References


Andhiko, E.,E.,S.,S. (2015). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Di Kota Surakarta Dan Sekitarnya.

BPS Kota Bogor. (2016). Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air: Kota Bogor Dalam Angka Bogor City in Figur.

Geoda, Giustia Puspa. (2014). Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Kampus Universitas Diponegoro Berbasis Android. Tugas Akhir. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Semarang.

P. N. R. Chopde & M. K. Nichat. (2013) “Landmark Based Shortest Path Detection by Using A* and Haversine Formula,” International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, vol. 1, no. 2, p. 5.

Roger S, Pressman. (2010) Software Engennering A Pratitioner’s Approach, p(32) dan p(161-238).

Presiden Republik Indonesia (RI). (2006). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan.

Rizki, P, A., Andri S., Bambang, D, Y. (2015). Pembuatan Aplikasi Mobile Gis Berbasis Android Untuk Informasi Pariwisata Di Kabupaten Gunungkidul, Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2018.3-0.967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Geomatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License