ANALISIS SEBARAN CURAH HUJAN WILAYAH MENGGUNAKAN METODE SPI DAN HUBUNGANNYA DENGAN INDIKATOR IKLIM DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Juwita Sari, Sri Pancariniwati, Anggitya Pratiwi

Abstract


Sebaran curah hujan di wilayah provinsi Sumatera Barat menunjukkan distribusi yang tidak seragam di berbagai wilayah Sumatera Barat yang berdampak pada keberlangsungan kehidupan masyarakatnya termasuk menyangkut kebencanaan yang sering terjadi di wilayah Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan variasi spasial curah hujan dengan metode SPI dan kaitannya dengan beberapa indikator iklim yakni indeks nino3.4, DMI, SST perairan barat Sumatera dan Angin permukaan. Distribusi curah hujan melalui metode SPI penting untuk diketahui karena berhubungan dengan pengelolaan sumberdaya air, pengurangan risiko bencana, dan menunjang pembangunan daerah sumatera Barat. Analisis ini telah didukung dengan perkembangan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) termasuk analisis spasial curah hujan metode SPI dengan teknik interpolasi berupa IDW. Data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hujan tiga tahun yang mewakili tiga kondisi umum pengaruh El Nino, La Nina, dan konsidi normal di wilayah Sumatera Barat yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Umumnya rata-rata korelasi pada setiap indikator iklim untuk tujuh titik pengamatan di Sumatera Barat menunjukkan nilai dari 0,4-0,8 dengan dominasi korelasi tertinggi berada pada kondisi pengaruh La Nina atau kondisi basah.

Kata Kunci : Curah Hujan, Sumatera Barat, Sistem Informasi Geografis (SIG), Korelasi, Standardized Precipitation Index (SPI)


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2017.2-0.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Geomatika

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License