PERAN TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH DALAM MENDUKUNG PENDARATAN KENDARAAN AMFIBI DALAM MISI TANGGAP DARURAT BENCANA

Abdurahman Abdurahman, Yosef Prihanto, Gentio Harsono

Abstract


Indonesia memiliki nilai indeks rasio bencana yang tinggi karena berada pada lokasi pertemuan tiga lempeng dunia. Bencana alam di Indonesia memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi karena jumlah penduduk yang besar dan curah hujan yang tinggi. Sering kerusakan infrastruktur transportasi darat dan udara terjadi akibat bencana alam. Kerusakan ini dapat menyebabkan terganggunya distribusi bantuan logistik pasca pencana. Kondisi ini menjadikan jalur laut sebagai satu-satunya alternatif jalur pendistribusian bantuan logistik. Kendaraan amfibi adalah kendaraan yang dapat beroperasi di laut atau daratan. Kendaraan amfibi pengoperasiannya memerlukan dukungan informasi geografis. Pemahaman informasi geografis terkait medan dalam melakukan beaching amfibi sangat mempengaruhi sistem navigasi dan pendaratan kendaraan tersebut. Pemanfaatan teknologi penginderaan jauh dalam perencanaan pendaratan kendaraan amfibi adalah solusi yang efektif untuk mengoptimalkan sistem pendaratan yang telah ada. Pengolahan citra satelit untuk menghasilkan suatu sistem informasi geografis yang efektif memerlukan teknik dan metode analisis tertentu. Konsep Perencanaan dan analisis citra satelit yang terstruktur untuk mendesain sistem informasi geografis dalam membangun sistem yang baru adalah masalah utama dalam perancangan suatu sistem informasi geografis. Kondisi geografis suatu daerah tujuan operasi memerlukan suatu sistem yang dinamis dan realtime terhadap perubahan kondisi nyata saat melakukan operasi. Operasi amfibi yang diterapkan saat ini belum memanfaatkan teknologi sistem informasi geografis. Penelitian ini mengkaji tentang kemungkinan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh untuk mendukung pendaratan kendaraan amfibi. pemanfaatan sistem informasi geografis terkait medan tujuan akan dikaji berdasarkan analisis dimensi ruang dan waktu. Sistem tanggap darurat untuk daerah terdampak bencana memerlukan suatu sistem yang dapat merencanakan dan penentuan lokasi pendaratan amfibi untuk keperluan distribusi logistik dalam upaya tanggap bencana. Sehingga penelitian ini dapat menghasilkan kajian literatur tentang pemanfaatan teknologi penginderaan jauh dalam mendukung pendaratan kendaraan amfibi yang mampu menganalisis medan melalui teknologi penginderaan jauh dinilai sangat relevan untuk diterapkan dalam penanggulangan bencana baik berupa evakuasi korban maupun distribusi bantuan logistik.

Keywords


component; Citra Satelit; Sistem Informasi Geografis; Realtime; Beaching Amfibi; logistik

Full Text:

PDF

References


Rohadi, Muhammad Bahrun et al. 2017. Penggunaan SIG Untuk Mendapatkan Indeks Kesesuaian Lokasi Angkatan TNI AL berdasarkan Pendekatan Ancaman Keamanan Teluk Jakarta (Studi: Pangkalan Pondok Dayung). Jurnal Prodi Keamanan Maritim, Unhan.

Libyadi Americo. 2019. Studi Karakteristik Tinggi Gelombang Signifikan di Laut Sulawesi Untuk Mendukung Pendaratan Kendaraan Amfibi di Perairan Buol Tengah. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut.

Kaliraj. S, N. Chandrasekar, K.K. Ramachandran, Y. Srinivas dan S.Saravanan. 2017. Coastal Landuse and Land Cover Change and Transformations of Kanyakumari Coast, India Using Remote Sensing and GIS. The Egyptian Journal of Remote Sensing and Space Sciences

Zaw, Naing Thet, dan Seunghoo Lim. 2015. The military's role in disaster management and response during the 2015 Myanmar floods: A social network approach. International Journal of Disaster Risk Reduction

Ramli, S. (2010). Pedoman Praktis Manajemen Bencana. Dian Rakyat.

Hidayah, K. 2015. Kebijakan Penanggulangan Bencana di Era Otonomi Daerah. Kajian Terhadap Lapindo Brantas. Jurnal Borneo Administrator/Volume 11/No.3/2015(298-315).

Lillesand, Thomas M., et al. 2015. Remote Sensing and Image Interpretation. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Suwargana Nana. 2013. Resolusi Spasial, Temporal Dan Spektral Pada Citra Satelit LANDSAT, SPOT dan IKONOS. Jurnal Ilmiah Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2019.4-0.1108

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Geomatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License