APLIKASI CITRA LANDSAT DALAM ANALISA PERUBAHAN GARIS PANTAI (Studi Kasus di Pesisir Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah)

Khairul Umami, Syawaludin A. Harahap, Mega Laksmini Syamsudin, Sunarto Sunarto

Abstract


Pantai merupakan daerah yang sangat dinamis untuk berubah seiring bertambahnya waktu. Salah satu perubahan yang terjadi di daerah pantai yaitu perubahan pada garis pantai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat perubahan garis pantai di pesisir Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak dari hasil overlay citra satelit Landsat. Penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai rujukan penelitian selanjutnya, serta sebagai informasi untuk instansi-instansi terkait dan pemerintah agar dapat memperhatikan kondisi keseimbangan fisik pantai di Pesisir Sayung. Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari citra Landsat 7 dan 8 dalam kurun waktu 10 tahun dari tahun 2006 sampai 2016. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan menjelaskan masalah yang terjadi pada lokasi penelitian dengan pendekatan pemodelan dan sistematis. Metode analisis perubahan garis pantai dilakukan dalam program Digital Shoreline Analysis System (DSAS) dengan pendekatan statistik End Point Rate (EPR) dan Net Shorline Movement (NSM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan garis pantai di pesisir Sayung didominasi dengan kejadian abrasi yang sangat tinggi dengan luasan abrasi bernilai 116,48 hektar. Abrasi maksimum terjadi di Desa Timbulsloko, Abrasi minimum terjadi di Desa Sriwulan, Akresi maksimum terjadi di Desa Sriwulan, dan Akresi minimum terjadi di Desa Bedono.

Keywords


Citra Landsat, Perubahan Garis Pantai, Pesisir Sayung, Digital Shoreline Analysis System (DSAS)

Full Text:

PDF

References


Damaywanti, K. (2013). Dampak Abrasi Pantai Terhadap Lingkungan Sosial (Studi Kasus Di Desa Bedono, Sayung Demak). Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 2013, 363-367.

Ervita, K. (2016). Kajian Perubahan Garis Pantai Di Kabupaten Demak Tahun 1990-2015 Ditinjau Dari Aspek Morfodinamika. Skripsi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 115 hlm.

Komar, P. (1998). Beach Processes And Sedimentation-2nd Edition. New Jersey. Prentice Hall

Ondara, K. dan Wisha , U. J. (2016). Simulasi Numerik Gelombang (Spectral Waves) Dan Bencana Rob Menggunakan Flexible Mesh Dan Data Elevation Model Di Perairan Kecamatan Sayung, Demak. Jurnal Kelautan, 9(2), 164-174.

Parman, Satyanta. (2010). Deteksi Perubahan Garis Pantai Melalui Citra Penginderaan Jauh Di Pantai Utara Semarang Demak. Jurnal Geografi, 7(1), 30-38

PEMKAB Demak. (2011). Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Demak Tahun 2011-2031. Peraturan Daerah Kabupaten Demak Nomor: 6 Tahun 2011. Pemerintah Kabupaten Demak. Demak.

PPPGL. (2016). Studi Perubahan Garis Pantai Kaitannya Dengan Pengelolaan Wilayah Pesisir Indramayu Jawa Jarat. Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral. Cited in http://Www.Mgi.Esdm.Go.Id/Content/Studi-Perubahan-Garis-Pantai-Kaitannya-Dengan-Pengelolaan-Wilayah-Pesisir-Indramayu-Jawa. [28 Maret 2017].

Setyowati, Endah. (2010). Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Hutan Mangrove di Desa Surodadi Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Thesis Institut Pertanian Bogor. Bogor. 126 hlm.

USGS. (1999). Coastal Vulnerability Index (CVI). National Assessment of Coastal Vulnerability to Sea-Level Rise: Preliminary Results for the U.S. Atlantic Coast. U.S. Geological Survey. Cited in https://Pubs.Usgs.Gov/Of/1999/Of99-593/Pages/Cvi.Html. [9 Agustus 2017].

Wibisono, L. dan Armitrianto, A. (2014). Garis Pantai Semarang Terus Mundur. Laporan Surat Kabar Metropolis Pada 18 Desember 2014. Semarang Metro no. 27. Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2018.3-0.1058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Geomatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License