UJI PERBANDINGAN INTERPRETASI VISUAL DAN DIGITAL MENGGUNAKAN TRANSFORMASI NORMALIZED DIFFERENCE VEGETATION INDEX (NDVI) PADA LANDSAT 8 UNTUK DETEKSI LUASAN DAMPAK ERUPSI GUNUNG SINABUNG TAHUN 2013-2014

Reforma Herzegovina, Maulidini Fatimah Azahra, Amri Rosyadi

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, khususnya di bidang penginderaan jauh, berbagai fenomena dapat teridentifikasi dengan cepat dan akurat. Fenomena erupsi Gunung Sinabung merupakan salah satu contoh fenomena kebencanaan yang dapat diidentifikasi dengan memanfaatkan teknologi ini. Teknologi penginderaan jauh dalam hal ini memegang peranan penting yaitu untuk mengetahui dampak dan luasan dari erupsi Gunung Sinabung. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah citra satelit Landsat 8 pada wilayah kajian. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan luasan wilayah terdampak erupsi Gunung Sinabung tahun 2013-2014 yang dipetakan dengan menggunakan metode klasifikasi yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan untuk mendeteksi dampak luasan erupsi ialah dengan memanfaatkan transformasi indeks vegetasi berupa NDVI (Normalized Difference Vegetation Index). Hasil dari transformasi NDVI yang berupa perbedaan rona pada vegetasi yang menonjol selanjutnya digunakan sebagai dasar klasifikasi secara terbimbing (supervised classification) dan klasifikasi secara manual yang didasarkan atas hasil interpretasi visual (sesuai dengan kunci interpretasi). Dari transformasi index vegetasi yang dilakukan menghasilkan luasan wilayah yang terdampak erupsi seluas 148.887 km2 sedangkan luasan wilayah yang terkena erupsi hasil interpretasi visual ialah 141.757249 km2. Berdasarkan hasil dari proses deteksi yang dilakukan dapat diketahui bahwa dari kedua data menunjukkan adanya perbedaan luasan wilayah yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung. Hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan dasar pengelasan dalam proses klasifikasi diantara keduanya.

Keywords


NDVI, landsat 8, erupsi, interpretasi visual, klasifikasi terbimbing

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. Z., dan Lestriandoko, N. H. (2003). Kompresi Citra Penginderaan Jauh Multispektral Berbasis Clustering dan Reduksi Spektral. Jurnal Teknologi Informasi.

Danoedoro, P. (1996). Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Danoedoro, P. (2012). Pengantar Penginderaan Jauh Digital. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Hidayati, I. N. (2013). Ekstraksi Data Indeks Vegetasi untuk Evaluasi Ruang Terbuka Hijau Berdasarkan Citra Alos di Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Agroteknologi, 3, 27-34.

LAPAN. (2015). Pedoman Pengolahan Penginderaan Jauh Landsat 8 untuk Mangrove. Jakarta: Pusat Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh LAPAN.

Prasasli, I., & Sambodo, K. A. (2004). Pengkajian Nilai Indeks Vegetasi Data Modis dengan Menerapkan Beberapa Algoritma Pengolahan Data Indeks Vegetasi. Jurnal Penginderaan Jauh dan Pengolahan Data Citra Digital, 1, 20-34.

Rahayu, Arianto, D. P., Komariah, & Hartati, S. (2014). Dampak Erupsi Gunung Merapi Terhadap Lahan dan Upaya-Upaya Pemulihannya. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, XXIX, 61-72., H. (2013). Letusan Gunung Sinabung Dan Penanganan Bencana di Indonesia. Info Singkat Kesejahteraan Sosial, V, 1-12.

Septiana, B., Wijaya, A. P., & Suprayogi, A. (2017). Analisis Perbandingan Hasil Orthorektifikasi Metode Range Doppler Terrain Correction dan Metode SAR Simulation Terrain Correction Menggunakan Data Sar Sentinel – 1. Jurnal Geodesi Undip, 148-157.

Sitanggang, G. (2010). Kajian Pemanfaatan Satelit Masa Depan : Sistem Penginderaan Jauh Satelit LDCM(Landsat-8). Berita Dirgantara, 11, 47-58.

Supriyono. (2014). Analisis Dampak Letusan Gunung Sinabung Kaitannya dengan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Karo Propinsi Sumatera Utara. Seminar Nasional Geografi. Universitas Negeri Padang.

Suryani, A. S. (2009). Dampak Negatif Abu Vulkanik Terhadap Lingkungan dan Kesehatan. Info Singkat Kesejahteraan Sosial, VI, 9-12.

USGS. (2016). Landsat 8 Data Users Handbook. Department of The Interior U.S. Geological Survey.

Yekti Andhono., Bambang Sudarsono., & Sawitri Subiyanto. (2013). Analisis perubahan tutupan lahan DAS Citanduy dengan Metode Penginderaan Jauh. Jurnal Geodesi UNDIP, 2, 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2018.3-0.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Geomatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License