SISTEM INFORMASI PROFIL POS STASIUN KLIMATOLOGI WILAYAH LAYANAN JAWA BARAT BERBASIS WEBGIS

Regy Septian Arianu

Abstract


Pos stasiun klimatologi merupakan salah satu unit pelaksana teknis (UPT) yang mencatat dan mendokumentasikan data iklim di daerah jawa barat di bawah badan meteorologi klimatologi geofisika (BMKG). Sejauh ini stasiun klimatologi belum seluruhnya terpetakan lokasinya, sehingga kurang mendukung proses analisis spasial kewilayahan, di mana data iklim (curah hujan, suhu, kecepatan angin, penyinaran matahari dan informasi lainnya) merupakan komponen utama dalam analisis atau pemodelan spasial. Dalam kaitan ini diperlukan suatu sistem informasi profil pos stasiun klimatologi wilayah layanan jawa barat berbasis WebGIS. beberapa analisis iklim seperti pemetaan curah hujan dilakukan dengan metode poligon thiesen serta disajikan dalam sistem WebGIS. pengembangan sistem yang menggunakan metode waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi pengkodean, pengoperasian dan pengujian, serta perbaikan. Output dalam sistem informasi profil pos stasiun klimatologi berbasis webgis ini adalah berupa informasi profil UPT dan jenis data tersedia yang dapat diakses. Sistem ini bermanfaat untuk pegawai stasiun klimatologi dan masyarakat luas yang berkepentingan dengan kebutuhan data iklim, khususnya di wilayah layanan jawa barat.

Keywords


Poligon Thiessen Model Spasial; Stasiun Klimatologi; WebGIS

Full Text:

PDF

References


Dewi Handayani, U. (2012). Metode Thiessen Polygon untuk Ramalan Sebaran Curah Hujan Periode Tertentu pada Wilayah yang Tidak Memiliki Data Curah Hujan. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik. 17, 154–163.

Efria, S. (2017). Sistem Informasi Geografis Pemetaan dan Layanan Informsi Pemakaman Kebun Bungan Palembang Berbasis Web. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Palembang.

Fajrizal, & Mhd. Arief H, & Yogi, Y. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Kelurahan Sei Mempura Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone. 6, 18-23.

Kasmadi, F. (2013). Sistem Informasi Data Karyawan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Banda Aceh Berbasis Web. Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Tesis Sekolah Manajemen Informatika dan Komputer. Banda Aceh.

Moh Aghus H, & Wahyu D, P. (2017). Sistem Informasi Geografis (SIG) Pemetaan Sekolah Berbasis Web di Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Jurnal Antivirus. 11(1).

Murni, M. (2014). Sistem Informasi Geografis Penyebaran UPT (Unit Pelaksana Teknis) dan KPC (Kantor Pos Cabang) Pada PT Pos Indonesia Berbasis Web. Jurnal Mantik Penusa. 15(1).

Nobel D.Sekeon. (2016). Perancangan SIG Dalam Pembuatan Profil Desa Se-Kecamatan Kawangkoan. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. 5. ISSN: 2301-8402.

Nyoman Winda N, & Arief Laila N, & Andri S. (2015). Pemetaan Multi Hazards Berbasis Sistem Informasi Geografis di Kabupaten Demak Jawa Tengah. Jurnal Geodesi Undip. 4. ISSN: 2337-845X.

Roger S.Pressman. (2010). Software Engineering a Practitioner’s Approach. p(32) dan p(161-238).

Siti, H. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi Spasial Berbasis Webgis Pada Sebaran Pencemaran Udara Primer Industri Besar (Studi Kasus: DKI Jakarta). Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24895/SNG.2018.3-0.1026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Seminar Nasional Geomatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Semnas Geomatika terindeks oleh:

 

Copyright of Badan Informasi Geospasial

Creative Commons License